Monday, March 14, 2011

Cloud Computing :-? Apaan tuh???

Dalam kesempatan sekarang ini, saya mencoba untuk memahami tentang Cloud Computing,, karena dalam beberapa artikel yang saya baca banyak mengangkat tentang isu IT yang bakal ngetrend pada tahun 2011.
Setelah membaca beberapa artikel tentang Cloud Computing saya sedikit mengerti tentang hal tersebut. Saya mencoba mengerti dari arti namanya:
  1. Cloud yang artinya awan, dari beberapa gambar yang saya lihat, kenapa menggunakan gambar awan?? sepertinya awan dapat menggambarkan suatu bentuk jaringan yang sangat rumit yang sulit untuk digambarkan secara jelas.
  2. Computing artinya komputasi, setelah membaca dari beberapa artikel, menurut saya komputasi adalah pemrosesan informasi untuk menemukan pemecahan masalah yang menggunakan algoritma tertentu.
  3. Sehingga Cloud Computing dapat diartikan merupakan gabungan dari proses komputasi yang melewati suatu jaringan yang rumit yang mempunyai fungsi menyediakan layanan yang tersimpan di dalam server dan dapat diakses serta digunakan melalui internet tanpa harus menginstal atau menampung dalam komputer client secara permanen, sehingga client tidak perlu mengkonfigurasi di komputer client.
Jadi dapat digambarkan jika suatu perusahaan ingin membangun suatu server untuk program server tertentu maka cukup dengan menyewa suatu layanan dalam Cloud Computing tanpa perlu membeli alat-alat server sehingga dapat menghemat biaya investasi alat-alat server, jadi perusahaan tersebut hanya diharuskan membayar sesuai pemakaian seperti aturan dalam sewa menyewa.

Bukan hanya untuk spesifik perusahaan saja tetapi dapat juga digunakan oleh penyedia layanan publik, seperti situs tokobagus.com yang menyewakan layanan tempat untuk berjualan secara online.

Ketika saya sudah mengetahui arti dari cloud computing maka terbersit dibenak saya, sebelum membangun Cloud Computing maka dibutuhkan infrastruktur jaringan internet yang sangat baik. Berapa besar koneksi yang harus dibangun dan berapa cepat koneksi yang dipunyai oleh server sehingga dapat melayani semua permintaan dari client???????
Apakah Indonesia sudah mempunyai infrastruktur seperti yang saya pikirkan???

Menurut saya jika Indonesia ingin membangun Sistem Cloud Computing dalam waktu dekat ini sepertinya mustahil,, mengapa saya dapat mengatakan seperti ini?? ada beberapa alasan dasar yang menurut saya dapat menguatkan opini saya seperti yang saya tuliskan diatas :

  1. Jika ingin membangun Cloud Computing maka diperlukan koneksi "yang baik" tetapi di Indonesia kenyataannya belum banyak wilayah di Indonesia yang ter-cover jaringan untuk internet
  2. Koneksi yang baik berarti koneksi yang cepat dan biaya yang murah untuk berlangganan akan tetapi kenyataan di Indonesia berlangganan internet masih sangat mahal jika dibanding dengan layanan yang diperoleh.
Dan untuk penutupan saya hanya bisa berharap semoga target pemerintah yang dituangkan dalam White Paper yang dikeluarkan oleh MENKOMINFO tahun 2011 dalam meningkatkan kualitas jaringan di Indonesia semuanya dapat terpenuhi bahkan bisa melebihi dari yang ditargetkan.. AMINNN!!!!

Referensi :
  1. click
  2. click
  3. click
  4. click
  5. click
  6. click

No comments:

Post a Comment